Langsung ke konten utama

5 Adalah Angka Kasih Karunia

  Shalom saudara terkasih kali ini kita akan belajar sebuah kebenaran yaitu MENGENAL HURUF YANG KE-5 (HEI) = ANGKA KASIH KARUNIA   Bahasa Ibrani, adalah bahasa yang memiliki arti di dalam gambar. Gambar ini sangat bervariasi tapi juga konsisten. Ini juga menunjukan apa yang Allah ingin sampaikan di dalam perspektif Allah. Berikut adalah hal yang penting untuk memahami Bahasa Ibrani:  

7 Aku Adalah dalam Injil Yohanes


Shalom saudara terkasih dalam Yesus.

 

Dalam postingan saya sebelumnya, saya membahas tentang arti kata frasa "Aku Adalah, Akulah, Akulah Dia, Aku tetap ada, Aku Tuhan, Akulah Allah, Akulah Tuhan"

 

kali ini saya ingin mengungkapkan 7 (tujuh) pernyataan Yesus tentang "Akulah (Aku adalah)" yang terdapat dalam Injil Yohanes, ucapan ini adalah kiasan untuk membuktikan siapa Yesus dan untuk apa Yesus datang ke dunia ini:

 

1. Akulah Roti Hidup

    Yohanes 6 : 35 “Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.

 

    ini adalah ungkapan "AKULAH" yang pertama dalam Injil Yohanes, ini adalah intisari dari semua pernyataan Yesus tentang "Akulah"

    carilah makanan yang tidak bisa membuat kita lapar lagi, apa itu? Yesus sendiri!

    

    Disini Yesus menegaskan bahwa Ia adalah Allah, Ia adalah yang memberi, Ia berasal dari      surga!!

    pada zaman Musa, bangsa Israel makan Manna yang berasal dari surga,(Yohanes 6:31 " Nenek moyang kami telah makan manna di padang gurun, seperti ada tertulis: Mereka          diberi-Nya makan roti dari sorga.")

Yohanes 6 :32 mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya bukan Musa yang memberikan melainkan Bapa-Ku yang memberikan kamu roti yang benar dari surga

 

    Roti berasal dari surga adalah pemahaman bahwa Yesus berasal dari Surga. Hal ini bahwa Allah bukan saja memberi roti pada masa lampau tapi juga sekarang ini.

 

   Roti adalah hal yang bisa mengenyangkan manusia adalah gambaran bahwa Allah adalah jawaban dari semua kebutuhan manusia dari segala kelaparan (masalah).

  setiap kita sedang kelaparan (masalah) maka dia akan mengenyangkan (memuaskan) saudara

 

 

2. Akulah Terang Dunia

    Yohanes 8 : 12 "Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

 

    pernyataan ini mencerminkan misi Yesus untuk menyelamatkan setiap umat manusia yang  percaya, bukan saja bangsa Israel atau kelompok tertentu saja. Yesus akan mencerahkan dunia ini dari kuasa kegelapan dan menerangi setiap orang dalam jalanNya menuju terang surgawi.

    Yesus adalah penuntun dikala pekatnya kegelapan,Ia adalah tiang awan dan tiang api yang menuntun bangsa Israel dalam perjalanan menuju Tanah Perjanjian!

    Yesus adalah Terang Dunia yang akan mengalahkan kegelapan!!

 

 

3. Akulah Pintu

    Yohanes 10:9 "Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.”

 

    Yesus adalah pintu keluar masuk bagi domba-dombaNya (Jalan menuju Bapa) atau bisa disebut Yesus adalah Pintu Keselamatan sehingga hanya domba-dombaNya yang Ia kenal yang bisa masuk.

 

4. Akulah Gembala Yang Baik

    Yohanes 10:11 "Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;”

 

    Yesus menyatakan bahwa Ia adalah gembala yang baik. seorang gembala yang baik selalu rela mengrobankan nyawanya demi domba-dombaNya. seperti yang dikatakan Nabi Yehezkiel , Yehezkiel 34 : 15-16 "15  Aku sendiri akan menggembalakan domba-domba-Ku dan Aku akan membiarkan mereka berbaring, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

16  Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya.

    

 

    Sebagai Gembala yang baik Yesus menunjukkan kesetiaan, kasih saying, kelemahlembutan, perhatian, kewaspadaan dan tanggung jawab bahkan rela menyerahkan nyawanya.

 

    Sebagai Gembala, Yesus tidak hanya menyelamatkan domba-dombaNya saja tetapi juga domba-domba asing yang mau percaya kepadaNya

    Yohanes 10 : 16 "Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.”

 

    Bukan saja menyelamatkan bangsa Israel atau Yahudi tapi Yesus juga menyelamatkan bangsa lain yang percaya kepadaNya.

    Begitupun kita tidak dianjurkan untuk membeda-bedakan jemaat karena kita tidak tahu siapa saja yang Yesus pilih untuk diselamatkan.

 

5. Akulah Kebangkitan dan Hidup

    Yohanes 11:25 "Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,

 

    Hal ini diucapkan Yesus pada peristiwa kematian Lazarus, saat itu Yesus mengatakan bahwa diriNyalah Kebangkitan dan hidup. namun ini dianggap Marta hanya sebagai penghiburan sebab semua orang percaya akan dibangkitkan pada akhir zaman. Konteks Yesus dibangkitkan adalah saat itu juga, Yesus sendirilah kebangkitan, maka dari itu saat Yesus meminta batu kubur diangkat dan Lazarus berjalan keluar sadarlah Marta dan semua orang yang berada disana bahwa Yesus adalah Mesias. 

 

    Ini menegaskan bahwa kematian jasmani bukanlah akhir perjalanan hidup yang mengerikan bagi orang percaya, melainkan perjalanan menuju hidup kekal untuk bersekutu dengan Allah.

    

 

6. Akulah Jalan dan Kebenaran dan Hidup

    Yohanes 14 : 6 "Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

 

    ada tiga unsur penting yang dungkapkan Yesus yaitu : Jalan, Kebenaran dan Hidup. Dan semua bepusat kepada Yesus.

Jalan yang dimaksud Yesus adalah sarana menuju kepada hidup yang kekal dan Yesus sendiri adalah sarana tersebut.

Kebenaran itu adalah Yesus sendiri, Dia adalah ukuran kebenaran karena tidak ada dan tidak mungkin ada kebenaran diluar diriNya.

Hidup menyangkut kekekalan, karena setelah berlalunya kehidupan yang sekarang, akan ada kehidupan yang jauh lebih penting yakni hidup kekal bersama Tuhan Yesus.

 

 

7. Akulah Pokok Anggur Yang Benar

    Yohanes 15 : 1 "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.”

    

    dalam perikop ini gagasan "tinggal" adalah bentuk kesatuan hubungan yang tak bisa dipisahkan.

    Yohanes 15 : 4 "Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.”

    

    Arti dari ungkapan ini adalah tentang pentingnya kesatuan dengan Tuhan sebagai pokok anggur yang memberi kehidupan. sebab hanya dengan berpaut kepadaNya sebagai  sumber hidup yang benar maka kita akan bertumbuh dan berbuah.

 

    Dengan cara ini Tuhan menjelaskan kedudukannya yang sentral dalam kehidupan manusia secara terus menerus, melenceng ke pokok yang lain bisa menyebabkan kebinasaan.

 

  Kiranya Tuhan memberikan pewahyuan dan pemikiran serta pengenalan yang baru tentang DIa kepada kita..

 

YEVAREKH'KHA YEHOVAH…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah Roh dan Karunia Roh

Shalom saudara terkasih, kesempatan ini saya ingin membahas tentang Buah Roh dan Karunia Roh. Apa perbedaannya? Roh Kudus hanya membagikan karunia sesuai dengan hikmat dan kehendakNya, karena hanya Roh kudus yang tahu dan mengasihi kita. Maka dari itu kita tak perlu cemburu atau iri jika ada orang lain yang punya karunia, karena sama saja kita tidak bersyukur dan meragukan hikmatNya (tertulis dalam 1 Korintus 12 : 14-31 jika kita adalah tubuh Kristus, jadi pasti Tuhan punya maksud tersendiri dalam hidup kita) Bakat alami yang kita punyai bukan lah karunia Roh, sebab karunia Roh tidak lah sama dengan talenta alami. Orang percaya yang punya talenta, Tuhan sempurnakan dengan karunia Roh untuk membangun jemaat (tertulis dalam Efesus 4 :11-13 11   Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, 12   untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

Belajar dari Kisah Ananias dan Safira

Shalom saudara terkasih, Kali ini saya ingin membahas tentang Ananias dan safira yang sebenarnya bukanlah orang percaya. Kita lihat dalam Kisah Para Rasul 5 : 1 “Ada seorang lain yang bernama  Ananias . Ia beserta isterinya   Safira   menjual sebidang tanah. Banyak yang setelah membaca cerita tentang Ananias Dan Safira menjadi takut dan terhakimi sebab Ananias dan Safira saja dibiarkan mati oleh Allah melalui Petrus karena melakukan kesalahan dalam gerejaNya Tunggu dulu, jangan merasa terhakimi hanya karena membaca 1-2 ayat atau 1 cerita saja. Firman adalah kebenaran, Firman adalah berkat melimpah. Yohanes 3 : 16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Atau mungkin ayat ini Roma 8 : 1 “Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.” Ini adalah ayat-ayat yang mudah dipahami dan mengandung

5 Adalah Angka Kasih Karunia

  Shalom saudara terkasih kali ini kita akan belajar sebuah kebenaran yaitu MENGENAL HURUF YANG KE-5 (HEI) = ANGKA KASIH KARUNIA   Bahasa Ibrani, adalah bahasa yang memiliki arti di dalam gambar. Gambar ini sangat bervariasi tapi juga konsisten. Ini juga menunjukan apa yang Allah ingin sampaikan di dalam perspektif Allah. Berikut adalah hal yang penting untuk memahami Bahasa Ibrani: