Langsung ke konten utama

5 Adalah Angka Kasih Karunia

  Shalom saudara terkasih kali ini kita akan belajar sebuah kebenaran yaitu MENGENAL HURUF YANG KE-5 (HEI) = ANGKA KASIH KARUNIA   Bahasa Ibrani, adalah bahasa yang memiliki arti di dalam gambar. Gambar ini sangat bervariasi tapi juga konsisten. Ini juga menunjukan apa yang Allah ingin sampaikan di dalam perspektif Allah. Berikut adalah hal yang penting untuk memahami Bahasa Ibrani:  

Ungkapan KeIlahian : Akulah Aku



Shalom saudara terkasih,

Sering kita dengar ungkapan ini "Aku adalah Aku"

Apa makna dari ungkapan ini ya?

"Akulah" (Inggris : "I AM", Yunani : "εγω ειμι - EGÔ EIMI", Ibrani : אֲנִי־הוּא  , harfiah : Aku ada, Akulah Dia

Yohanes seringkali dalam Injilnya mengungkapkan hal ini, fungsinya sangat penting sebagai pernyataaNya bahwa Yesus adalah inkarnasinya Allah itu sendiri (Aku adalah/Aku ada/Akulah)

Ucapan ini memiliki pengertian Ilahi karena dalam perjanjian lama ini adalah penggambaran Allah dalam mengungkapkan dirinya. (AKU ADALAH AKU)

Keluaran 3:14 " Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."

AKULAH AKU bukan lah ungkapan kesombongan tapi pernyataan dari Allah untuk menggambarkan diriNya

Frasa Akulah Aku bisa juga muncul dalam bentuk "Akulah Dia", Akulah Tuhan', "Akulah ALLAH","Aku tetap Dia"

contoh ayat-ayatnya:
Yesaya 41 : 4 "Siapakah yang melakukan dan mengerjakan semuanya itu? Dia yang dari dahulu memanggil bangkit keturunan-keturunan, Aku, TUHAN, yang terdahulu, dan bagi mereka yang terkemudian Aku tetap Dia juga."

Ucapan Akulah Dia (ANI HU) adalah ungkapan bahwa Allah adalah satu dan nubuatan yang menyatakan bahwa Yesus adalah Tuhan
kita bisa cek dibawah ini:
Yesaya bernubuat bahwa Aku adalah Allah
Yesaya 41 : 9 "Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku,"

dan digenapi saat Yesus datang ke bumi dalam Injil Yohanes
Yohanes 1 : 1 "Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah."

Yohanes membuka dengan kalimat pada mulanya (alfa) Firman yang menjadikan semua, Allah berfirman maka semuanya jadi dan Firman sendiri itu adalah Allah (sampai dengan omega)

Yohanes 1 : 14 "Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran."

Yohanes disini menjelaskan bahwa Firman yaitu Allah telah berinkarnasi menjadi manusia

Yohanes 10 : 30 "Aku dan Bapa adalah satu.""
Yohanes menunjukkan bahwa Yesus adalah Allah..Aku adalah Dia..Akulah Tuhan..Aku tetap Dia!!

bahkan Rasul Thomas menegaskan bahwa Yesus adalah Tuhan sekaligus Allah yang memang berinkirnasi menjadi manusia.
Yohanes 20 : 28 " Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"

Frasa Akulah Dia hanya digunakan untuk ALLAH saja, sebab memang hanya Dia satu-satunya ALLAH yang hidup
Nabi Yesaya menuliskan memang tiada Tuhan selain ALLAH saja (YHVH), ada banyak ayatnya (saya masukkan dua saja)

Yesaya 44:6 "Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku."

Yesaya 45:5 "Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku,"

ungkapan Akulah Dia memang hanya untuk Tuhan saja, karena Dialah :
  1. Jalan menuju kekekalan bersama Bapa (diriNya sendiri) Yohanes 14 : 16 "Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku/"
  2. Gembala yang baik yang memelihara dan menjaga dombaNya dan juga Pokok Anggur yang benar (hanya Tuhan lah yang dapat menghapuskan dosa dan membebaskan umatNya)
Yesus adalah Tuhan dalam sejarah (Nubuat dan penggenapan)

Nubuatan Yesaya:
Yesaya 52:6 " Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara, ya Aku!

Penggenapan Injil Yohanes
Yohanes 4:26 " Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."

makna Ungkapan "Akulah Dia" bukan saja pernyataan Keilahian namun juga aspek terpenting dalam pelayanan Yesus yaitu KESELAMATAN

Yesaya 43 : 11 "Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku."

saudara terkasih makna "Akulah" adalah pernyataan diri jika Yesus adalah Allah dan juga hanya ada satu Allah, tiada yang lain
dan juga yang terpenting sang "Akulah" juruselamat itu sendiri dan tiada keselamatan selain daripadaNya

YEVAREKH"KHA YEHOVAH..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah Roh dan Karunia Roh

Shalom saudara terkasih, kesempatan ini saya ingin membahas tentang Buah Roh dan Karunia Roh. Apa perbedaannya? Roh Kudus hanya membagikan karunia sesuai dengan hikmat dan kehendakNya, karena hanya Roh kudus yang tahu dan mengasihi kita. Maka dari itu kita tak perlu cemburu atau iri jika ada orang lain yang punya karunia, karena sama saja kita tidak bersyukur dan meragukan hikmatNya (tertulis dalam 1 Korintus 12 : 14-31 jika kita adalah tubuh Kristus, jadi pasti Tuhan punya maksud tersendiri dalam hidup kita) Bakat alami yang kita punyai bukan lah karunia Roh, sebab karunia Roh tidak lah sama dengan talenta alami. Orang percaya yang punya talenta, Tuhan sempurnakan dengan karunia Roh untuk membangun jemaat (tertulis dalam Efesus 4 :11-13 11   Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, 12   untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

Belajar dari Kisah Ananias dan Safira

Shalom saudara terkasih, Kali ini saya ingin membahas tentang Ananias dan safira yang sebenarnya bukanlah orang percaya. Kita lihat dalam Kisah Para Rasul 5 : 1 “Ada seorang lain yang bernama  Ananias . Ia beserta isterinya   Safira   menjual sebidang tanah. Banyak yang setelah membaca cerita tentang Ananias Dan Safira menjadi takut dan terhakimi sebab Ananias dan Safira saja dibiarkan mati oleh Allah melalui Petrus karena melakukan kesalahan dalam gerejaNya Tunggu dulu, jangan merasa terhakimi hanya karena membaca 1-2 ayat atau 1 cerita saja. Firman adalah kebenaran, Firman adalah berkat melimpah. Yohanes 3 : 16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Atau mungkin ayat ini Roma 8 : 1 “Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.” Ini adalah ayat-ayat yang mudah dipahami dan mengandung

5 Adalah Angka Kasih Karunia

  Shalom saudara terkasih kali ini kita akan belajar sebuah kebenaran yaitu MENGENAL HURUF YANG KE-5 (HEI) = ANGKA KASIH KARUNIA   Bahasa Ibrani, adalah bahasa yang memiliki arti di dalam gambar. Gambar ini sangat bervariasi tapi juga konsisten. Ini juga menunjukan apa yang Allah ingin sampaikan di dalam perspektif Allah. Berikut adalah hal yang penting untuk memahami Bahasa Ibrani: